Selasa, 16 Desember 2014

RPP Pencemaran

Posted by Unknown On 04.29


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                              : SMPN 1 KRIAN
Mata pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester                  : VII (tujuh) / II (dua)
Materi Pembelajaran          : Pencemaran Lingkungan
Alokasi Waktu                   :  3 pertemuan (3 JP) 3 × 40 menit

A.      KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       KOMPETENSI DASAR
KD pada KI-1
1.1Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkan-nya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

KD pada KI-2
2.1.Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2.Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3.Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
KD pada KI-3
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup.

C.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Indikator KD pada KI-1
1.1.1.    Mengamati kondisi lingkungan dan memberi solusi menanggulangi dampak pencemaran untuk menjaga alam dan ekosisten sebagai ciptaan Tuhan yang kompleks.
Indikator KD pada KI-2
2.1.1.    Aktif bertanya ketika pembelajaran.
2.1.2.    Membuat produk penyelesaian masalah yang menarik dengan rasa tanggung jawab.
2.1.3.    Mengambil dan membuang sampah yang mengotori lingkungan pada tempatnya.
2.3.1.      Menghargai setiap kinerja yang dilakukan dalam pembelajaran.
3.9.1.      Membuang sampah pada tempat dan sesuai jenisnya (organik atau anorganik)
Indikator KD pada KI-3
3.9.1.      Menjelaskan mengenai pencemaran tanah, air, dan udara pada lingkungan.
3.9.2.      Menyebutkan faktor-faktor penyebab pencemaran tanah, air, dan udara pada lingkungan.
3.9.3.      Menjelaskan dampak pencemaran tanah, air dan udara bagi kehidupan makhluk hidup dan ekositem
3.9.4.      Mengidentifikasi upaya pengurangan dampak pencemaran terhadap lingkungan.

D.      DESKRIPSI MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pertemuan pertama
·         Pencemaran lingkungan
·         Penyebab pencemaran tanah
·         Dampak pencemaran tanah bagi kehidupan dan ekosistem
2.      Pertemuan kedua
·         Penyebab pencemaran air
·         Dampak pencemaran air bagi kehidupan
·         Interaksi Ekosistem
·         Pemisahan campuran
3.      Pertemuan ketiga
·         Penyebab pencemaran udara
·         Dampak pencemaran udara bagi kehidupan dan ekosistem

E.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Pertemuan Pertama (1 JP)
a.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1)      Guru memeriksa kehadiaran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk memulai pelajaran
2)      Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum pembelajaran dimulai.
Mengamati:
3)      Guru meminta siswa mengamati kondisi kelas, apakah ada sampah yang berserakan di laci meja dan lantai kelas.
4)      Guru meminta siswa untuk mengambili sampah dan memasukkannya ke dalam keranjang yang telah disediakan (tempat sampah organik dan anorganik).
5)      Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran.

b.      Kegiatan Inti (30 menit)
6)      Guru menyajikan video tentang sampah yang menggunung di beberapa tempat.
Mengamati:
7)      Guru meminta siswa mengamati video tentang peristiwa pencemaran lingkungan khusunya tanah dan dampaknya bagi kehidupan.
Menanya:
8)      Guru mengarahkan siswa untuk dapat merumuskan pertanyaan berdasarkan isi video tersebut, misalnya: “Apa yang dapat kalian ceritakan dari video itu? Apakah indikator terjadinya pencemaran tersebut? Apakah penyebab pencemaan tersebut? Apa dampak dari pencemaran terhadap kehidupan makhluk hidupdan keseimbangan ekosistem?” dan mengaitkan video dengan materi terkait, misalnya ekosistemdan keaneragaman makhluk hidup.
9)      Guru membantu siswa untuk mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar dalam pembelajaran.
10)  Guru membagi siswa dalam kelompok belajar yang terdiri dari 5-6 siswa.
11)  Guru dan siswa menetapkan subtopik-subtopik yang spesifik dan tugas-tugas penyelidikan
12)  Guru membimbing siswa untuk menentukan rumusan masalah.
13)  Guru membagikan lembar identifikasi pencemaran tanah
Mengumpulkan informasi:
14)  Guru membimbing siswa untuk mengumpulkan informasi dari buku siswa dan juga mengajukan pertanyaan untuk berfikir tentang masalah dan jenis informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Misalnya: mendata bahan yang dapat menimbulkan pemcemaran tahan, mengidentifikasi perilaku negatif manusia yang dapat mempengaruhi ekosistem, dampak pencemaran tanah, dan contoh solusi pencemaran tanah.


Menalar/Mengasosiasi:
15)  Guru membimbing siswa untuk diskusi mengenai lembar identifikasi pencemaran tanah.
16)  Guru mendorong pertukaran ide gagasan secara bebas dan membimbing siswa dalam pencapaian penyelesaian masalah.
Mengomunikasikan:
17)  Siswa menyampaikan hasil diskusi lembar identifikasi pencemaran tanah.
18)  Guru menyamakan presepsi siswa tentang penyebab pencemaran tanah dan bagaimana solusi mengatasi pencemaran tanah.
19)  Guru membagikan LKS pada siswa dan meminta siswa untuk menganalisis ilusrtrasi dalam LKS
20)  Guru mengajukan pertanyaan yang membuat siswa berfikir tentang kelayakan solusi yang mereka buat, misalnya “Apakah pembuatan kompos tidak malah menimbulkan pencemaran udara akibat bau saat fermentasi sampah?”
21)  Guru memberikan instruksi pada siswa untuk membuat karya yang dari penyelesaian masalah
22)  Siswa mempresentasikan hasil percobaan dan menampilakan hasil karya di depan kelas.
23)  Guru melakukan analisis bersama dengan siswa mengenai hasil yang telah dilakukan.
24)  Bersama siswa, guru melakukan evaluasi mengenai keterkaitan konsep dengan pemecahan masalah.
25)  Guru memberikan penguatan pada siswa mengenai konsep yang dipelajari dan apabila ada konsep yang kurang tepat guru melakukan pembenaran.
c.       Kegiatan Penutup (5 menit)
26)  Guru bersama siswa mereview terkait materi yang telah dipelajari.
27)  Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

2.      Pertemuan Kedua (1 JP)
a.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1)      Guru memriksa kehadiaran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk memulai pelajaran
2)      Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum pembelajaran dimulai.
Mengamati
3)      Guru meminta siswa mengamati gelas yang berisi air bersih dan air keruh
Menanya:
4)      Apersepsi: Bertanya jawab tentang perbedaan kedua kedua gelas tersebut dengan mengaitkan pada konsep jenis materi yaitu materi tunggal dan materi campuran.
5)      Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran.
b.      Kegiatan Inti (30 menit)
Mengamati:
6)      Mengamati gambar dan paparan kondisi lingkungan pada artikel
Menanya:
7)      Guru melakukan tanya jawab mengenai artikel yang diberikan, misalnya: “Artikel tersebut menceritakan tentang apa? Apa penyebab banyaknya ikan yang mati? dan mengaitkan fenomena pada materi terkait. (materi ekosistem)
8)      Guru membantu siswa untuk mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar dalam pembelajaran.
9)      Guru membagi siswa dalam kelompok belajar yang terdiri dari 5-6 siswa.
10)  Guru membimbing siswa untuk menentukan rumusan masalah dalam artikel.

Mengumpulkan informasi:
11)  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi dari buku siswa dan juga mengajukan pertanyaan untuk berfikir tentang masalah dan jenis informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Misalnya: mendata bahan pencemar air, mengidentifikasi perilaku negatif manusia yang dapat mempengaruhi ekosistem, pemisahan campuran, dan contoh solusi pencemaran tanah.
12)  Guru mendorong pertukaran ide gagasan secara bebas dan guru membimbing siswa dalam pencapaian penyelesaian masalah dengan penyelidikan.
13)  Guru mengajukan pertanyaan yang membuat siswa berfikir tentang kelayakan solusi yang mereka buat
Menalar/Mengasosiasi:
14)  Siswa mendiskusikan rancangan solusi terbaik untuk menyelasikan masalah.
15)  Siswa membuat rancangan solusi dari masalah.
Mengomunikasikan:
16)  Siswa mempresentasikan hasil percobaan dan menampilakan hasil karya di depan kelas.
17)  Guru melakukan analis bersama dengan siswa mengenai proses penyelidikan dan hasil yang telah dilakukan.
18)  Bersama siswa, guru melakukan evaluasi mengenai keterkaitan konsep dengan pemecahan masalah.
19)  Guru memberikan penguatan pada siswa mengenai konsep yang dipelajari dan apabila ada konsep yang kurang tepat guru melakukan pembenaran.
c.       Kegiatan Penutup (5 menit)
20)  Guru bersama siswa merangkum dan mereview materi yang telah dibahas.
21)  Guru memberikan tugas lanjutan pada siswa untuk mengamati sebab pencemaran udara di kehidupan sehari-hari.
22)  Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

3.      Pertemuan Ketiga (1 JP)
a.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1)      Guru memriksa kehadiaran siswa dan memeriksa kesiapan siswa untuk memulai pelajaran
2)      Guru meminta siswa untuk berdoa sebelum pembelajaran dimulai.
Mengamati:
3)      Guru meminta siswa mengamati asap pembakaran sampah di luar kelas.
Menanya:
4)      Guru mengarahkan siswa merumuskan pertanyaan berdasarkan fenomena, misalnya: “Aktivitas apa yang dapat menyebabkan pencemaran udara?”
5)      Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran.
b.      Kegiatan Inti (30 menit)
Mengomunikasikan:
6)      Guru meminta perwakilan siswa untuk mempresentasikan daftar penyebab pencemaran udara yang telah diselesaikan sebagai tugas lanjutan pertemuan sebelumnya.
Menalar/Mengasosiasi:
7)      Guru dan siswa melakukan diskusi untuk memverifikasi ketepatan penyebab pencemaran
8)      Guru membagikan LKS pencemaran udara pada siswa.
9)      Guru membantu siswa untuk mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar dalam pembelajaran.
10)  Guru membagi siswa dalam 4 kelompok besar untuk yang terdiri dari 4 siswa.


Mengumpulkan informasi:
11)  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi dari buku siswa dan juga mengajukan pertanyaan untuk berfikir tentang masalah dan jenis informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
12)  Guru membimbing siswa untuk menyelesaikan LKS dan memfasilitasi siswa bekerja secara kelompok dalam membuat laporan hasil belajar (berupa poster).
Mengomunikasikan:
13)  Siswa mempresentasikan hasil LKS dan menampilakan hasil karya (berupa poster) di depan kelas.
14)  Guru  dan siswa melakukan analis dan evaluasi siswa mengenai hasil belajar yang telah dilakukan.
15)  Guru memberikan penguatan pada siswa mengenai konsep yang dipelajari dan apabila ada konsep yang kurang tepat guru melakukan pembenaran.
c.       Kegiatan Penutup (5 menit)
16)  Guru bersama siswa mereview materi yang telah dipelajari.
17)  Guru memberikan tugas lanjutan pada siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa.

F.       PENILAIAN
1.      Teknik penilaian
Ø  Observasi sikap
Ø  Tes tulis
Ø  Observasi
Ø  Unjuk kerja

2.      Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a.      Sikap
1)      Observasi sikap spiritual
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Mengamati kondisi lingkungan dan memberi solusi menanggulangi dampak pencemaran untuk menjaga alam dan ekosisten sebagai ciptaan Tuhan yang kompleks
1
2
3
4

1
A





...
...





Keterangan: diisi dengan ceklis (√) sesuai dengan kriteria rubrik
Rubrik penilaian
Aspek yang dinilai
Rubrik
4
3
2
1
Mengamati kondisi lingkungan dan memberi solusi menanggulangi dampak pencemaran untuk menjaga alam dan ekosisten sebagai ciptaan Tuhan yang kompleks.
Selalu mengamati kondisi lingkungan dan memberi solusi menanggulangi dampak pencemaran untuk menjaga alam dan ekosisten sebagai ciptaan Tuhan yang kompleks.
Jarang mengamati kondisi lingkungan dan memberi solusi menanggulangi dampak pencemaran untuk menjaga alam dan ekosisten sebagai ciptaan Tuhan yang kompleks..
Jarang mengamati kondisi lingkungan dan tidakmemberi solusi menanggulangi dampak pencemaran untuk menjaga alam dan ekosisten sebagai ciptaan Tuhan yang kompleks.
Tidak mengamati sama sekali kondisi lingkungan sebagai ciptaan Tuhan yang kompleks.
Kriteria penilaian
Nilai=
2)      Observasi sikap
No
Nama
Aspek perilaku yang dinilai
Jumlah skor
Rasa ingin tahu
Bekerja sama
Bertanggung jawab
Kreatif
Peduli pada lingkungan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
A





















2
B












































Keterangan: diisi dengan ceklis (√)sesuai dengan kriteria rubrik
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Rubrik
Rasa ingin tahu
1:Tidak mengajukan pertanyaan ketika pembelajaran.
2:Jarang mengajukan pertanyaan yang tidak sesuai dengan pokok bahsaan.
3:Mengajukan pertanyaan dan kurang mengacu pada fenomena dan pembelajaran.
4:Selalu mengajukan pertanyaan dan mengacu pada fenomena dan pelajaran.
Bekerja sama
1:Bekerja secara individu
2:Menbagi tugas kelompok namun tidak melakukan komunikasi satu sama lain, dan penyelesaian terhambat.
3: Menyelesaikan tugas kelompok secara bersama, melakukan pembagian tugas kurang merata, dan melakukan komunisasi satu sama lain
4:Menyelesaikan tugas kelompok secara bersama, melakukan pembagian tugas secara merata, dan melakukan komunisasi satu sama lain
Bertanggung jawab
1:Tidak mengumpulkan kary/laporan
2: Karya/laporan dikumpulakn melebihi waktu dan bukan merupakan karya original kelompok
3: Karya/laporan dikumpulakn melebihi waktu dan merupakan karya original kelompok
4:Karya/laporan dikumpulakn tepat waktu dan merupakan karya original kelompok
Kreatif
1:Tidak menghasilkan karya
2: Menghasilkan karya yang menarik, tidak orisinil, dan kurang sesuai dengan konsep
3: Menghasilkan karya yang menarik, orisinil, dan kurang sesuai dengan konsep
4:Menghasilkan karya yang menarik, orisinil, dan sesuai dengan konsep
Peduli pada lingkungan
1:Membiarkan sampah berserakan begitu saja
2:Hanya mengumpulkan sampah pada sudut tempat.
3:Mengambil sampah yang berserakan dan mengumpulkannya tidak dalam tempat sampah
4::Selalu mengambil sampah yang berserakan dan membuangnya pada tempatnya
Kriteria penilaian
Nilai=

b.      Pengetahuan
1)      Tes Tulis :
No

Indikator Soal
Ranah
Bentuk
Soal
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.
Mengidentifikasi jenis sampah
C2
Pilihan ganda
Jenis sampah yang boleh ditimbun dalam tanah adalah ...
a.    Rontokan daun jati
b.    Ember plastik
c.    Plastik pembungkus permen
d.   Besi bekas

A

1
2.
Mengidentifikasi solusi pencemaran tanah
C2
Pilihan ganda
Upaya untuk memulihkan atau membersihkan tanah dari bahan pencemaran dikenal dengan istilah...
a.       Radiasi
b.      Penghijauan
c.       Remediasi
d.      Realisasi

C

1
3.
Menentukan organisme indikator pencemaran
C2
Pilihan ganda
Salah satu indikator organisme tanah yang digunakan sebagai indikator kualitas tanah yaitu …
a.       Cacing pita
b.      Cacing tanah
c.       Cacing kremi
d.      Semut

B

1
4.
Penerapan p\engolahan sampah
C3
Pilihan ganda
Pengolahan kembali barang-barang bekas atau sampah menjadi barang ang bermafaat sering dikenal dengan istilah ...
a.       Reuse
b.      Reduce
c.       Replant
d.      Recycle

A

1
5.
Menidentifikasi pencemaran dalam kehidupan
C3
Pilihan ganda
Contoh peristiwa polusi tanah secara langsung antara lain …
a.       Pencemaran oleh limbah tahu
b.      Kadar deterjen di air yang berlebihan
c.       Penggunaan pupuk yang berlebihan
d.      Polutan udara yang turun ke tanah

C

1
6.
Menentukan penyebab pencemaran
C3
Pilihan ganda
Contoh peristiwa polusi tanah secara tidak langsung, yaitu melalui udara antara lain …
a.       Pencemaran oleh limbah tahu
b.      Kadar deterjen di air yang berlebihan
c.       Penggunaan pupuk yang berlebihan
d.      Hujan asam yang merusak

D

1
7.
Menganalisis tujuan pengolahan limbah
C4
Pilihan ganda
Pengolahan limbah hasil aktivitas suatu industri dangat diperlukan. Pengolahan limbah ini bertujuan agar ...
a.       Limbah menjadi asam sehingga dapat digunakan sebagai media bakteri
b.      Limbah menjadi netral sehingga tidak berbahaya jika dibuang
c.       Limbah terurai dan dapat musnah dengan sendirinya
d.      Limbah dapat berubah menjadi bahan mentah yang dimanfaatkan

B

1
8.
Mengetahui pengertian pencemaran air

C1
Pilihan ganda
Pengertian pencemaran air yang tepat adalah ...
a.       Masuknya zat dan energi yang berasal dari kegiatan manusia ke perairan
b.      Masuknya zat dan komponen lain keperairan yang berasal dari industri sehingga tidak dapat digunakan
c.       Mesuknya zat, energi dan makhluk hidup ke periran yang menyebabkan berubahnya tatanan perairan akibat kegiatn manusia atau peroses alam
d.      Masuknya makhluk hidup, zat dan energi serta komponen lainnya ke perairan sehingga tidak dapat digunakan

C

1
9.
Mengetahui ciri fisika pencemaran air

C1
Pilihan ganda
Pencemaran air dapat dilihat dari ciri-cirinya baik secara fisika, biologi dan kimia. Ciri-ciri tersebut bila dilihat secara fisika antara lain...
a.       Adanya perubahan PH
b.      Adanya perubahan suhu
c.       Adanya mikro organisme di dalam air
d.      Adanya bahan kimia yang terlarut dalam air

B

1
10
Mengidentifikasi sebab sungai tercemar

C2
Pilihan ganda
Pada sungai yang tercemar terdapat tanda-tanda ...
a.       Air jernih dan tidak berwarna
b.      Terdapat banyak fauna
c.       Ditumbuhi enceng gondok dengan subur
d.      Air tidak berbau busuk

C

1

11.
Menentukan dampak pertumbuhan pemukiman terhadap kualitas air

C3
Pilihan ganda
Pembangunan perumahan merupakan salah satu sebab semakin berkurangnya air tanah dan timbulnya banjir pada musim hujan. Hal tersebut disebabkan karena ...
a.       Semakin banyak perumahan semakin sedikit air yang terserap tanah.
b.      Semakin banyak perumahan semakin sedikit orang yang bercocok tanam.
c.       Semakin banyak perumahan semakin banyak sampah yang di buang.
d.      Semakin banyak perumahan semakin banyak sampah yang dibuang.

A

1

12.
Mengidentifikasi ulah manusia terhadap pencemaran air

C3
Pilihan ganda
Berikut ulah manusia yang dapat menyebabkan pencemaran Air adalah...
a.       Menanan tumbuhan air
b.      Melakukan terasiring
c.       Membuang sisa cucian ke sungai
d.      Memasukan bakteri Bacillus Subtilis ke sungai

C

1

13.
Menganalisis dampak berantai pencemaran air

C4
Pilihan ganda
Elang tiba-tiba mati setelah memakan ular, setelah diselidiki  ternyata ular telah memakan ikan dan ikan telah memakan tumbuhan air, sedang tumbuhan air telah tercemari oleh DDT. Peristiwa ini akibat dari pencemaran.....
a.       Air
b.      Tanah
c.       Sawah
d.      Udara

A

1
14.
Mengetahui sebab dari akibat pencemaran

C1
Pilihan ganda
Terjadinya hujan asam adalah efek pencemaran udara oleh...
a.       karbon monoksida (CO)
b.       karbon dioksida (CO2)
c.       gas H2S dan SO2
d.       sulfur dioksida dan nitrogren dioksida

D

1
15.
Mengetahui pengaruh reaksi tubuh terhadap pencemar
C1
Pilihan ganda
 Kabon monoksida apabila bereaksi dengan salah satu zat dalam tubuh akan berbahaya,  zat tersebut adalah...
a.       Hb
b.      Br
c.       O
d.      CO2

A

1
16.
Mengidentifikasi gas berbahaya bagi tubuh
C1
Pilihan ganda
Berikut ini adalah gas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh adalah ...
a.       O2
b.      CO2
c.       N
d.      CO

D

1
17.
Menentukan polutan akibat pembusukan
C1
Pilihan ganda
Polutan di udara yang berasal dari proses pembusukan / penguraian limbah-limbah organik dan bersifat tidak berwarna tetapi berbau tajam adalah …
a.        Karbon dioksida
b.       Nitrogen dioksida
c.        Karbon monoksida
d.       Metana

D

1
18.
Memberikan upaya pengurangan pencemaran udara
C3
Pilihan ganda
Untuk mengurangi dampak dari pencemaran udara sebaiknya ...
a.       Membersihkan sampah dengan dibakar
b.      Menggunakan kendaraan bermotor walaupun jaraknya dekat
c.       Menanam pohon di sekitar jalan raya
d.      Membangun pabrik

C

1
19.
Mentukan dampak pencemaran udara akibat barang yang digunakan dalam kehidupan
C3
Pilihan ganda
Dampak yang ditimbulkan jika menggunakan gas CFC yan gada pada kulkas, spay, dan AC adalh ...
a.       Meningkatkan kadar bahan pencemar
b.      Efek rumah kaca
c.       Memperdingin ruangan
d.      Pencemaran udara di dalam rumah

B

1
20.
Menganalisis sebab udara bersih
C4
Pilihan ganda
Jika kamu berada di dekat tumbuhan, kamu merasa segar. Hal tersebut disebabkan ...
a.       Tumbuhan mendatangkan angin
b.      Tumbuhan menghasilkan CO2
c.       Tumbuhan menghasilkan O2
d.      Tumbuhan menghasilkan embun

C

21.
Menjelaskan pengertian pencemaran air
C2
Uraian
Jelaskan apa pengertian pencemaran air!
Berubahnya tatanan komposisi air baik secara kimia atau fisika oleh proses alam sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat  tertentu yang menyebabkan air menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya

2
22.
Menjelaskan penyebab terjadinya pencemaran air
C2
Uraian
Jelaskan apa penyebab terjadinya pencemaran lingkungan pada sungai!
Penyebab pencemaran lingkungan sungai adalah aktivitas manusia. Misalnya adanya pembuangan limbah rumah tangga dan pabrik industry. Umumnya, sungai, selokan dan parit seringkali di cemari oleh limbah – limbah pembuangan dari pengolahan produksi, misalnya industry pengolahan makanan dan minuman, industry celana jeans, industry kimia dasar dan lain sebagainya.
4
23.
Menyebutkan dampak pencemaran di lingkungan sekitar
C2
Uraian
Sebutkan 3 dampak pencemaran lingkungan!
Dampak dari pencemaran lingkungan adala kerusakan lingkungan, punahnya spesies biota, merusak keseimbangan lingkungan, dan lain-lain.

6
24.
Mengidentifikasi upaya pencegahan penncemaran lingkungan
C3
Uraian
Identifikasi 4 upaya pencegahan pencemaran lingkungan!
1.  Menempatkan daerah  industri  atau  pabrik jauh  dari daerah  perumahan atau pemukiman  penduduk.
2.  Pembuangan limbah industri diatur sehingga  tidak mencemari  lingkungan atau ekosistem.
3.  Pengawasan terhadap penggunaan jenis-jenis pestisida dan zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.
4.  Memperluas gerakan penghijauan.
5.  Tindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan.
6.  Memberikan  kesadaran  terhadap masyarakat  tentang arti  lingkungan  hidup sehingga manusia lebih mencintai lingkungan hidupnya.
7.  Membuang sampah pada tempatnya.
8.  Penggunaan lahan ramah lingkungan.

8
25.
Memberikan solusi bau pada air tercemar.
C3
Uraian
Bagaimanakah  upaya untuk mengurangi bau pada penyaringan air yang tercemar?
Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi bau adalah melakukan penyaringan dengan menambahkan arang.

6
26.
Menjelaskan proses dan dampak pencemaran
C3
Uraian
Jelaskan proses terjadinya hujan asam! Sebutkan dampaknya bagi lingkungan dan makhluk hidup!
Batu bara yang mengandung sulfur jika di bakar akan menghasilkan sulfur dioksida. Sulfur dioksida bereaksi dengan uap air dan oksigen menghasilkan asam sulfur. Asam ini membentuk kabut dan suatu saat akan turun sebagai hujan yang disebut hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan gangguan pernapasan serta perubahan morfologi pada daun, batang, dan benih tumbuhan

6
27.
Menjelaskan pengaruh pencemaran terhadap kesehatan
C2
Uraian
Mengapa gas CO (Carbon Monoksida) sangat berbahaya bagi kesehatan?
Karena merupakan hasil pembakaran yang tidak sempurna dari bahan buangan mobil dan mesin letup. Gas ini lebih mudah diikat oleh Hb sehingga akan membuat pengikatan O2 berkurang dan juga bersifat racun di dalam tubuh.

4
28.

Menyebutkan tujuan pengolahan lingkungan
C2
Uraian
Sebutkan 5 tujuan pengelolaan lingkungan hidup!
1.      Mencapai keselarasan hubungan antara manusia dengan lingkungan.
2.      mengendalikan pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana.
3.      Mewujudkan manusia sebagai pembina lingkungan.
4.      Melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan mendatang.
5.      Melindungi Negara terhadap dampak kegiatan di luar wilayh negara yang menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan

4
29.
Menjelaskan cara penanganan sampah dalam pencemaran tanah
C3
Uraian
Jelaskan 3 cara-cara penanganan sampah untuk mencegah pencemaran tanah !
1.      Penimbunan, dengan maksud untuk menutupi rawa, jurang, lekukan tanah, tempat terbuka, dan di laut (reklamasi).
2.      Lanfill (pengikisan tanah), mengisi tanah berlegok dengan sampah kemudian ditimbun.
3.      Pencacahan (grinding, limbah organik dimasukkan dalam alat penggiling sehingga menjadi kecil-kecil, dialirkan ketempat pengolahan lebih lanjut.
4.      Pengkomposan (coposting), Pengolahan limbah untuk memperoleh kompos untuk menyuburkan tanah.
5.      Pembakaran(incineration), dengan hasil gas dan residu.
6.      Pirolisis, mengolah limbah dengan proses dekomposisi senyawa kimia pada suhu tinggi dengan pembakaran tidak sempurna atau proses penguraian kimia deoksigenasi.

6
30.
Menganalisis pengaruh tanah terhadap pencemaran air dan udara
C4
Uraian
Tanah merupakan sesuatu yang vital di alam kehidupan. Ada pernytaan bahwa pencemaran air dan udara dapat disebabkan oleh tanah, jelaskan!

Pencemaran tanah memang sangat erat hubungannya dan tidak dapat  dipisahkan dengan pencemaran air dan pencemaran udara karena kehidupan manusia memang berasal dari tanah dan kehidupan tanah merupakan bagian penting dalam menunjang kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Seperti kita ketahui rantai makanan bermula dari tumbuhan. Manusia, hewan hidup dari tumbuhan. Memang ada tumbuhan dan hewan yang hidup di laut,  sebagian besar makanan yang kita dapat berasal dari permukaan tanah. Sebagai contoh gas-gas karbon oksida, nitrogen oksida,  belerang oksida  yang menjadi bahan pencemar udara yang larut dalam air hujan dan turun ke tanah dapat menyebabkan terjadinya hujan asam sehingga menimbulkan terjadinya pencemaran pada tanah. Ataupun Air permukaan tanah yang mengandung bahan pencemar misalnya tercemari zat radioaktif, logam berat dalam limbah industri, sampah rumah tangga, limbah rumah sakit, sisa-sisa pupuk dan pestisida dari daerah pertanian, limbah deterjen, akhirnya juga dapat menyebabkan terjadinya pencemaran pada tanah daerah tempat air permukaan ataupun tanah daerah yang dilalui air permukaan tanah yang tercemar tersebut. Maka sumber bahan pencemar tanah dapat dikelompokkan juga menjadi sumber pencemar yang berasal dari, sampah rumah tangga, sampah pasar, sampah rumah sakit, gunung berapi yang meletus / kendaraan bermotor dan limbah industri.

8

2)      Observasi
Nama Peserta Didik
Pernyataan
Pengungkapan gagasan yang orisinil
Kebenaran konsep
Ketepatan penggunaan istilah
Ketepatan integrasi konsep
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
A








...








Keterangan: diisi dengan ceklis (√)
3)      Laporan Laboratorium
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Konsep Ilmiah
Prosedur
Hipotesis
Analisis
Kesimpulan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
A





















2
B












































Keterangan: diisi dengan ceklis (√) sesuai dengan kriteria rubrik
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Rubrik
Konsep ilmiah
4:Laporan menggambarkan pemahaman yang akurat dan menyeluruh tentang konsep-konsep ilmiah yang mendasari laboratorium.
3:Laporan menggambarkan pemahaman yang akurat tentang sebagian konsep-konsep ilmiah yang mendasari laboratorium.
2:Laporan menggambarkan pemahaman yang terbatas tentang konsep-konsep ilmiah yang mendasari laboratorium.
1:Laporan menggambarkan pemahaman yang terbatas dari konsep-konsep ilmiah yang mendasari laboratorium.
Prosedur
4:Prosedur tercantum dalam langkah-langkah yang jelas. Setiap langkah diberi nomor dan merupakan kalimat lengkap.
3:Prosedur tercantum dalam urutan logis, tetapi langkah-langkah yang tidak bernomor dan / atau tidak dalam kalimat lengkap.
2:Prosedur terdaftar tetapi tidak dalam urutan logis atau sulit untuk mengikuti.
1:Prosedur tidak akurat daftar langkah-langkah percobaan.
Hipotesis eksperimen
4:Hipotesis hubungan antara variabel dan hasil prediksi yang jelas dan masuk akal berdasarkan apa yang telah dipelajari.
3:Hipotesis hubungan antara variabel dan hasil prediksi wajar berdasarkan pengetahuan umum dan observasi.
2;Hipotesis hubungan antara variabel dan hasil prediksi telah dinyatakan, tetapi tampaknya didasarkan pada logika cacat.
1:Tidak ada hipotesis telah dikemukakan.
Analisis
4:Hubungan antara variabel dibahas dan tren / pola logis dianalisis. Prediksi yang dibuat tentang apa yang mungkin terjadi jika bagian dari laboratorium yang berubah atau bagaimana desain eksperimental dapat diubah.
3:Hubungan antara variabel dibahas dan tren / pola logis dianalisis.
2:Hubungan antara variabel dibahas tapi tidak ada pola, tren atau prediksi yang dibuat berdasarkan data.
1:Hubungan antara variabel tidak dibahas.
Kesimpulan
4:Kesimpulan mencakup apakah temuan mendukung hipotesis, kemungkinan sumber kesalahan, dan apa yang telah dipelajari dari percobaan.
3:Kesimpulan mencakup apakah temuan mendukung hipotesis dan apa yang telah dipelajari dari percobaan.
2:Kesimpulan mencakup apa yang telah dipelajari dari percobaan.
1:Tidak ada kesimpulan termasuk dalam laporan atau menunjukkan sedikit usaha dan refleksi.
Kriteria penilaian
Nilai=

c.       Keterampilan
1)      Unjuk kerja pembuatan kompos dan penyaring air
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Menggunakan alat dan bahan percobaan
Merangkai alat
Langkah-langkah percobaan
Keberfungsian alat
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
A

















...
...

















Keterangan: diisi dengan ceklis (√) sesuai dengan kriteria rubrik
Rubrik Penilaian
Aspek Yang Dinilai
Rubrik
Menggunakan alat dan bahan percobaan
4:Siswa dapat menggunakan alat dan bahan percobaan dengan tepat dan cepat secara mandiri.
3: Siswa dapat menggunakan alat dan bahan percobaan dengan tepat dan cepat namun sesekali meminta bimbingan pada guru
2:Siswa dapat menggunakan alat dan bahan dengan tepat namun relatif lambat dan meminta bimbingan pada guru.
1:Siswa tidak dapat menggunakan alat dan bahan percobaan dengan tepat.
Merangkai alat
4: Siswa dapat merangkai alat dengan cepat dan tepat secara mandiri
3: Siswa dapat merangkai alat dengan cepat dan tepat namun sesekali meminta bimbingan pada guru
2:Siswa dapat merangkai alat dengan tepat namun relatif lambat dan meminta bimbingan pada guru
1:Siswa tidak dapat merangkai alat dengan tepat dan cepat.
Langkah-langkah percobaan
4: Langkah-langkah percobaan siswa benar dan sesuai dengan prosedur.
3: Langkah-langkah percobaan siswa benar tetapi ada kurang dari 2 yang tidak sesuai dengan prosedur.
2: Langkah-langkah percobaan siswa benar tetapi lebih dari 2 yang tidak sesuai dengan prosedur.
1:Langkah-langkah percobaan salah dan tidak sesuai dengan prosedur.
Keberfungsian alat
4:Alat berfungsi dengan baik dan sesuai konsep
3:       Alat kurang berfungsi dan sesuai dengan konsep
2:Alat kurang berfungsi dan tidak sesuai dengan konsep
1:Alat tidak berfungsi
Kriteria penilaian
Nilai=
2)      Observasi keterampilan komunikasi
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Artikulasi
Bahasa
Cara penyampaian
1.





2.





...
...




Keterangan: diisi dengan ceklis (√)sesuai dengan kriteria rubrik
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Rubrik
Artikulasi
1:Suara tidak lantang dan pengucapan seperti bergumam
2:Suara tidak lantang dan tetapi pengucapan jelas
3:Suara lantang dan pengucapan jelas, namun nada bicara monoton
4:Suara lantang,  pengucapan jelas, dan  nada bicara tidak monoton
Bahasa
1:Bahasa yang digunakan berbelit-belit dan sulit dimengerti
2:Belum enggunakan bahasa yang baik dan benar, namun mudah dimengerti
3:Menggunakan bahasa yang baik dabenar, namun sulit dimengerti
4:Menggunakan bahasa yang baik, benar, dan mudah dimengerti
Cara penyampaian
1:Cara penyampaian tidak sistematis dan sulit dipahami
2:Cara penyamapaian sistematis, namun masih ada penyampaian yang tidak relevan dengan isi karya
3:Cara penyampaian sistematis, namun masih sulit dipahami
4:Cara penyampaian sistematis dan mudah dipahami
Kriteria penilaian
Nilai=
3)      Observasi keterampilan mengomunikasi karya poster
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
originalitas
gambar
Desain
kesesuaian dengan materi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
A

















...
...

















Keterangan: diisi dengan ceklis (√) sesuai dengan kriteria rubrik
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Rubrik
Originalitas
1:Karya yang disajikan bukan karya sendiri
4:karya yang disajikan merupakan karya original kelompok
Gambar
1:tidak menggunakan sama sekali
2:Gambar yang digunakan tidak relevan dengan isi karya
3:Gambar yang digunakan serevan dengan isi karya
4:Garya yang digunakan relevan dengan isi karya dan memudahkan pembaca untuk memahami isi karya
Desain
1: Desain buruk,  tata letak berantakan, dan tidak rapi
2:Desain karya cukup bagus, namun tata letak dan kerapian kurang
3:Desain dan tata letak karya bagus, namun kerapian kurang
4:Desain, tata letak, dan kerapian karya bagus
Kesesuaian dengan materi
1:Isi tidak sesuai dengan judul, kurang sesuai secara konsep dan tidak relevan dengan tema karya
2:Isi sesuai dengan judul, namun bleum benar secara konsep dan belum relevan dengan tema karya
3:Isi sesuai dengan judul, benar secara konsep, namun belum relevan dengan tema karya
4:Isi sesuai dengan judul, benar secara konsep dan relevan dengan tema karya
Kriteria penilaian
Nilai=




G.      MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media/alat
a.       Pertemuan pertama
·    Proyektor
1 buah
·    Keranjang
1 buah
·    Kantung jaring
1 buah
·    Kardus
1 buah
·    Alat pengaduk
1 buah
·    Kresek hitam
1 buah
b.      Pertemuan kedua
·    Proyektor
1 buah
·    Gelas air mineral
4 lembar
·    Botol mair minral 1,5 liter
2 buah
·    Busa
secukupnya
c.       Pertemuan ketiga
·    Proyektor
1 buah
·    Lem
secukupnya
·    Spidol/pensil warna
1 set
2.      Bahan
a.       Pertemuan pertama
·    Sampah organik
secukupnya
·    Sampah anorganik
secukupnya
·    Air
secukupnya
·    Sekam
secukupnya
·    Bibit kompos takakura
2 kg
b.      Pertemuan kedua
·    Air bersih
secukupnya
·    Air sungai kotor
secukupnya
·    Kerikil
secukupnya
·    Pasir  
secukupnya
·    Arang
secukupnya
·    Sabut kelapa
secukupnya

c.       Pertemuan ketiga
·    Kertas manila
1 buah

3.      Sumber Belajar
a.       Lembar kerja praktikum
b.      Wahono, dkk.2013.Ilmu Pengetahuan Alam.Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
c.       Media elektronik
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

  • Pernik

    Pernik
  • Unordered List

  • Contact us